Commercial Oven Gas Atau Listrik?

Commercial Oven Gas Atau Listrik?

Commercial oven dibagi dalam 2 jenis yaitu oven gas dan oven listrik. Dua jenis oven ini memiliki perbedaan mendasar pada bahan bakar atau sumber energi utama yang digunakan. Mari kita ulas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing oven.

Oven komersial listrik

Seperti namanya oven ini menggunakan energi listrik sebagai sumber energi utamanya. Oven listrik lebih dikenal dengan kesan simpel dan praktis. Tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan oven listrik di dalam dapur Anda. Oven listrik sudah dilengkapi dengan fitur standar prosedur pemanggangan. Selama beroperasi oven listrik akan mengatur kondisi panas dalam interior-nya sesuai yang diatur oleh pemakainya. Dengan menekan tombol ‘timer’ Anda dapat mengatur berapa lama oven akan beroperasi untuk memanggang makanan. Oven akan secara otomatis mati setelah waktu timer habis.

Penggunaan energi listrik untuk mengoperasikan oven listrik akan terbagi dalam 2 jenis yaitu konsumsi listrik stabil dan konsumsi listrik lebih besar saat oven beroperasi. Masing-masing oven listrik memiliki sistem pengapian yang berbeda, oleh karena itu jumlah energi yang dibutuhkan pun akan berbeda.

Oven komersial gas

Oven gas menggunakan gas LPG sebagai sumber energi utamanya. Meski demikian, oven gas masih memerlukan energi listrik untuk mengontrol otomatisasi oven. Jenis oven ini memang cukup berbeda dengan jenis oven sebelumnya karena umumnya membutuhkan lebih banyak ruang untuk menempatkan oven gas. Bisa dibilang sistem pengoperasian oven gas dilakukan secara manual karena tidak ada fitur otomatis yang dapat mengatur suhu panas di dalam oven.

Beberapa orang lebih menyukai jenis oven ini karena dapat menghasilkan hasil panggangan kue yang lembab. Hasil panggangan kue dari oven gas dianggap lebih memenuhi citarasa kue. Namun karena berkaitan dengan rasa hal ini akan bergantung pada taste masing-masing orang. Jika Anda menyukai hasil panggangan kue yang cenderung kering, menggunakan oven listrik adalah pilihan yang tepat. Produsen kue biasanya akan menggunakan masing-masing oven sesuai dengan jenis kue yang akan dimasak di dalam commercial oven.