gas rice cooker

Tips Merawat Dan Memelihara Rice Cooker Gas

Rice cooker adalah bahasa inggris yang artinya dalam bahasa Indonesia yaitu pemasak nasi. Rice cooker merupakan alat elektronik yang digunakan untuk dapat memasak nasi dengan mudah, cepat, dan praktis. Rice cooker terdiri dari dua tipe yang dibedakan berdasarkan bahan bakarnya. Tipe yang pertama adalah rice cooker listrik, sedangkan yang kedua adalah gas rice cooker.

Rice cooker hanyalah sebuah alat yang memudahkan Anda dalam memasak nasi. Karena rice cooker adalah sebuah alat, tentu bisa mengalami kerusakan. Agar tidak mudah rusak, gas rice cooker juga memerlukan adanya perawatan sehingga terus dapat berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa cara-cara agar gas rice cooker milik Anda dapat awet atau tahan lama antara lain:

  1. Panci beras berukuran sedang yang didesain khusus hanya untuk gas rice cooker. Panci nasi tersebut tidak disarankan untuk digunakan dalam pembakaran apapun yang bukan berasal dari kompor gas rice cooker. Hal tersebut bertujuan agar panci beras tidak mudah rusak, atau bekerja secara tidak maksimal nantinya.
  2. Menjaga kebersihan indikator gas rice cooker dan sekitarnya juga sangat penting. Caranya Anda bisa mengelapnya menggunakan kain yang kering, dan jangan sampai menekan tombol indikator saat membersihkan karena bisa saja menimbulkan konslet. Jika Anda mendapatkan lampu indikatornya tidak menyala, coba cek kebersihan dan kekeringan sekaligus pastikan telah terhubung secara benar dan tepat. jika masih tidak menyala juga, silahkan hubungi ahli service elektronik kepercayaan Anda.
  3. Hindari atau jangan menggunakan kain basah dan sabun cuci di sekitar bagian listrik, karena dapat menimbulkan konslet bahkan percikan api.
  4. Perhatikan dan berhati-hati pada sensor indikator saat melepas maupun membersihkan gas rice cooker.
  5. Saat menggunakan panci beras untuk mencuci beras, gunakanlah air yang mengalir. Cuci beras hingga benar-benar bersih dan gunakan air bersih untuk memasaknya. Jangan lupa nyalakan penyangga gas rice cooker untuk memulai proses memasaknya.
  6. Periksa kompor dan sekitarnya. Pastikan bahwa saat dinyalakan kompor mengeluarkan api yang berwarna biru, jangan sampai muncul warna kuning atau bahkan nyala api yang tidak merata. Caranya adalah Anda bisa memeriksa dengan melepas saringan yang terletak di bawah pipa kompor gas.

Selanjutnya pastikan juga untuk tidak lupa melepas kabel regulator yang terhubung dengan gas rice cooker. Hal tersebut harus dilakukan sebagai tindakan pencegahan akan terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan dan diinginkan. Bersihkan juga kotoran yang ada disekitarnya, seperti jangan biarkan kerak-kerak kotoran menempel terlalu lama. Bersihkan juga kotoran yang ada di panci beras. Semua hal tersebut dapat membuat masak menjadi cepat, peralatan yang digunakan semuanya bersih, dan makananpun terjamin kebersihan dan kesehatannya.